MANFAAT ROAN UNTUK MASA DEPAN

Hallo Sahabat Santri semua. Okay untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang ilmu yang saya dapati di pondok Miftahussalam Jogja. Kalian tau alamat pondoknya ga? Itu lho yang deketnya Mini Zoo Exotarium Sleman Jogja, tepatnya 500m di sebelah selatannya.

Mengapa “Ro’an”? Ya, karena itu salah satu tradisi kami di pesantren.
Saya akan berbagi tentang apa arti dari kata Roan dan apa manfaatnya bagi kita semua. Okey langsung saja kita bahas di bawah ini.

Arti Ro’an
Ro’an pada dasarnya santri pondok pesantren sering mengartikan sebagai sebuah tradisi, yaitu tradisi kerja bakti bersama-sama atau kerja bakti gotong royong. Jadi tradisi ro’an ini biasanya terdapat di suatu pondok pesantren untuk mengajarkan kepada santri-santrinya sebagai tindakan atau pengamalan sholat dan mengaji. Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dan kita ambil manfaat dari ro’an. Misalnya seperti kebersamaan dan nilai kebersihan yang selalu kita bubuh dalam kebiasaan sehari-hari.

Selain itu ada beberapa manfaat yang mungkin kita akan dapat rasakan untuk masa depan, misalnya :

  1. Menumbuhkan karakter tanggung jawab terhadap lingkungan. Dari Ro’an kita dapat menumbuhkan karakter kita untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan, yang manfaatnya untuk masa depan adalah kita akan terbiasa bertanggung jawab dan memiliki jiwa untuk selalu menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan kita. Tentu ini juga merupakan pengamalan dari nilai-nilai Islam itu sendiri
  2. Meningkatkan ketrampilan. Terkadang kebiasaan ro’an yang kita lakukan akan berfungsi sebagai pelatih untuk meningkatkan ketrampilan. Ketrampilan yang di maksud di sini adalah dari segi reflex kita terhadap suatu masalah menjadi lebiih tanggap. Tentu ini akan membuat pribadi kita lebih bagus di masa depan.
  3. Menumbuhkan Jiwa Kebersamaan. Kebiasaan Ro’an yang sering kita lakukan bersama-sama akan membuat kita terlatih dan menumbuhkan jiwa kebersamaan yang ada di dalam diri kita. Hal ini tentunya akan menjadi sangat berguna dan bermanfaat untuk kita nanti menghadapi dunia atau kehidupan lain di tempat yang berbeda. Kita akan mampu untuk lebih bersosial terhadap lingkungan sekitar.
  4. Membuat tubuh lebih sehat. Gerakan demi gerakan yang kita lakukan saat ro’an akan membuat kita lebih sehat. Ini karena termasuk olahraga kecil-kecilan. Ini bisa di bilang dengan sambil menyelam minum air. Maksudnya dengan Ro’an kita sambil melakukan kebersihan juga dapat sehatnya. Dan tentu sangat bagus bukan untuk masa depan yang lebih sehat.
  5. Terbiasa Kerja. Kegiatan yang rutin ini bermanfaat juga untuk kita menjadi lebih terbiasa kerja, karena kita sudah terbiasa dengan kegiatan dan selalu bergerak. Maka akan lain cerita untuk masa depan,orang yang sering terbiasa ro’an dan tidak akan mempunyai perbedaan dalam kerjanya.

Yah itulah beberapa manfaat ro’an untuk masa depan kita. Dan masih banyak lagi manfaat yang lain yang belum saya sebut. Nah, di Pondok Pesantren Miftahussalam Jogja, ro’an itu juga jadi tradisi harian dan mingguan. Harian itu biasanya pagi dan sore untuk kebersihan ringan, kalau mingguan itu biasanya hari Ahad pagi sampai sebelum Dzuhur.
Okay. Semoga bermanfaat.

Salah satu potret Ro’an di Ponpes Miftahussalam Jogja


Oleh: Wiwit (13 Jan 2019)

Diketik pada: 13 Jan 2019
Dipublikasikan: 2 Feb 2019
Dijadwalkan: 13 Feb 2019

2 Responses to MANFAAT ROAN UNTUK MASA DEPAN

  1. Hj. Warsiyah berkata:

    Assalaamu’alaikum
    Mohon informasi, apkh di ponpes Miftahussalam ada kajian kitab yg rutin utk orang dewasa? Saya muslimah
    Usia 52th.
    Saya berniat belajar agama yg intensif di sisa umur saya.
    Terima kasih

    • imamy berkata:

      Walaikumsalam. Kami mengadakan Dzikir Munajat dan Taklim rutin setiap Senin malam Selasa pukul 20:00-22:00 WIB untuk masyarakat umum. Apabila berkenan, silahkan Ibu bisa ikut kegiatan tersebut. Apabila ada niatan untuk belajar agama lebih intensif, bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak kami, silahkan bisa berkonsultasi setelah acara Dzikir Munajat dan Taklim.
      Demikian, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *