Bersih Berarti Percaya

“Kebersihan sebagian dari Iman” sudah tidak asing didengar oleh kalangan masyarakat. Tidak sedikit individu maupun kelompok yang menggembar gemborkan kebersihan. Memang mudah merencanakan lingkungan yang bersih, namun tidak lebih mudah menerapkan kebersihan agar lingkungan bersih. Bahkan, lebih tidak mudah lagi untuk menjaga kebersihan lingkungan setiap saat. Tidak dipungkiri, hal tersebut memang perlu penanganan khusus.
Pondok Pesantren Miftahussalam Yogyakarta, yang pernah meraih juara 1 lomba kebersihan pondok tingkat kabupaten Sleman sebanyak dua kali dan juara 1 lomba kebersihan pondok tingkat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta masih tetap menjaga kebersihan lingkungan pondok setiap sore, meskipun sejak 2015 tidak mengikuti lomba kebersihan pondok.
Santri Ponpes Miftahussalam Yogyakarta dengan kesadarannya melakukan kerja bakti rutin setiap sore di lingkungan pondok. Sampah yang dibersihkan dipilah sesuai dengan kebutuhan. Sampah yang masih bisa didaur ulang akan disimpan, sedangkan sampah yang tidak bisa terpakai akan dibuang.Fokus kegiatan kebersihan sore dilakukan di Jalan Asrama (Jl. Ponpes Miftahussalam), Musholla, halaman panggung/ taman bermain, dapur dan lingkungan asrama santri. Kebersihan sore dilakukan oleh santri yang sedang ada di pondok. Santri lain cukup menyesuaikan jadwal masing-masing agar bisa bergiliran.

Selain kebersihan rutin sore hari, ada kalanya santri juga melakukan kerja bakti bersama. Biasanya kerja bakti bersama yang dilakukan adalah memotong rumput, mengelola sampah daur ulang, membuat taman, membersihkan kamar mandi, membersihkan gudang atau sekedar membersihkan lingkungan pondok yang mulai kurang enak dilihat. Kegiatan ini sifatnya wajib namun kondisional, sehingga kemungkinan tidak direncanakan sebelumnya.
Kebersihan kamar dilakukan oleh masing-masing santri penghuni kamar. Jadwal dibuat oleh masing-masing koordinator kamar. Hal ini dilakukan agan kebersihan kamar tetap terjaga.

Santri Ponpes Miftahussalam Yogyakarta mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan di manapun berada.

Ingat bahwasanya salah satu amalan yang tidak terputus adalah shodaqoh jariyyah. Ingat juga, salah satu shodaqoh yang mudah dilakukan adalah menjaga kebersihan –baik dengan kerja bakti maupun dengan kesadaran sendiri untuk membersihkan suatu tempat, BAHKAN membuang sampah pada tempatnya merupakan salah satu shodaqoh, karena selain jadi penerapan kebersihan, lingkunganpun akan terlohat lebih bersih sekaligus memberikan kenyamanan kepada orang lain.
Demikian, sekian.
Oleh: Iksanmas-AB
ditulis pada 24082016

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *