Bukber: Akhiri Tahun Ajar

Setelah dilaksanakan pelepasan siswa atau akhirussahan dengan konsep wisuda bulan lalu sebelum mulai puasa Ramadhan, Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Miftahussalam, Karanggeneng, Sendangadi, Mlati, Sleman, mengakhiri tahun ajaran dengan menyelenggarakan buka puasa bersama (bukber) bersama orang tua/ wali siswa di lingkungan TKIT Miftahussalam.

Acara bukber diselenggarakan pada hari Kamis, 6 Mei 2018 di Aula TKIT Miftahussalam. Acara dibuka menjelang buka bersama dengan ramah tamah antara guru dan orang tua/ wali siswa, dilanjutkan dengan tausiah oleh Al-Mukarom Bapak KH. Drs. Achmad Fadli Fauzi, M.Si, selaku pemilik sekaligus pengasuh TKIT dan Ponpes Miftahussalam Jogja.

Adapun siswa siswi (santri junior) dipandu oleh beberapa guru, menunggu waktu berbuka puasa dengan bermain sambil belajar di taman bermain dan panggung. Santri junior terlihat antusias meskipun dalam keadaan berpuas. Keceriaan mereka terlihat pada saat mengikuti arahan dari ibu guru.

Acara ini diselenggarakan sebagai akhir dari tahun ajar 2017/ 2018. Selain itu, acara bukber diselenggarakan untuk mempererat tali silaturahim antara pihak TKIT dan orang tua/ wali siswa. Sekaligus memeriahkan bulan suci Ramadhan, kepala TKIT Miftahussalam, Ibu Hartanti, menyampaikan pesan terkait pembelajaran santri junior selama sebulan di rumah oleh orang tua masing-masing.

“Sebulan ini, anak-anak (santri junior) libur nggih (ya), bu. Jadi kami serahkan pembelajaran anak-anak ke ibu-ibu sekalian selama liburan.” Kata Ibu Har saat menyampaikan sambutannya.

Setelah Laporan Nilai (Report/ Rapot) dibagikan kepada orang tua/ wali pada hari esoknya (Jumat, 7/6), santri junior mulai belajar di rumah masing-masing sampai tahun ajaran 2018/ 2019 dimulai kembali. Meskipun waktu libur cukup panjang, para guru mengharapkan siswa tetap di didik oleh orang tua/ wali masing-masing dengan metode tarik ulur (tidak terlalu keras dan tidak terlalu bebas) agar pelajaran-pelajaran yang didapatkan tetap diingat oleh siswa.

“Anak-anak tetap dipantau nggih (ya), bu. Tidak perlu teralu keras dalam mendidik, tapi juga jangan teralu bebas. Taki ulur aja, bu. Ada kalanya tegas, namun ada kalanya anak-anak sedikit dibebaskan agar mereka bisa berkreasi, tapi tetap dipantau” Kata Ibu Har selaku Kepala TKIT Miftahussalam.

Rangkaian acara ini diakhiri dengan buka puasa bersama dan sholat Maghrib berjamaah di Musholla Ponpes Miftahussalam Jogja.

 

Kata Kunci: Miftahussalam Jogja, bukber, ramadhan
oleh: AB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *