Apik: Kolaborasi Hadroh

Setelah sekian lama diinginkan oleh beberapa santri, akhirnya bisa terlaksana, kolaborasi grup hadroh santri dan grup hadroh warga dusun Karanggeneng.

Hadroh gabungan sudah direncanakan sejak lama oleh beberapa santri yang diprakarsai satu santri. Sayangnya, keinginan itu tak kunjung terwujud. Salah satu kendalanya adalah baik hadroh santri maupun hadroh warga dusun saat itu belum memiliki jadwal latihan rutin. Setelah sekian lama keinginan itu dikubur, keinginan mulai muncul lagi saat grup hadroh warga dusun Karanggeneng meminta untuk rutin latihan gabungan. Sejak saat itu santri mulai menunggu momen yang pas untuk bisa tampil secara gabungan.

Penampilan gabungan pertama terlaksana pada Senin Pon, 11 Februari 2019 tepat di acara Dzikir Munajat dan Taklim. Kolaborasi yang dilakukan bukan keseluruhan anggota grup, namun hanya satu anggota rebana dari dusun, dan tiga vocalis grup hadroh warga dusun. Alat rebana, tam dan bas, darbuka dan keplak masih dimainkan oleh santri senior. Vocalis dari santri kali ini hanya sebagai backing vocal.

Seperti diketahui, hadroh santri sebelumnya sudah rutin tampil setiap acara Dzikir Munajat dan Taklim malam Pon (dulu malam Rabu Pon, saat ini malam Selasa Pon) sejak pertengahan 2016. Hal ini dilakukan sebagai media belajar santri untuk berani tampil di depan jamaah.

Salah satu penampilan hadroh di malam Rabu Pon (sebelum ganti ke malam Selasa Pon)

Adanya kolaborasi ini selain untuk mengajak warga sekitar pondok ikut Dzikir Munajat dan Taklim, juga dimaksudkan untuk menguji kepandaian dan kesiapan anggota grup hadroh warga dusun Karanggeneng. Meskipun belum tentu dilakukan secara rutin di malam Selasa Pon, namun kedepannya ada keinginan untuk melakukan kolaborasi secara bergilir dari masing-masing alat atau tugas di grup.
“Rencananya bakal kolaborasi lagi, tapi kita lihat hasil latgab (latihan gabungan) dulu mana yang sepertinya siap tampil. Kalo vocal kan udah pengalaman, jadi kita ajak vocal duluan sama satu pemain rebana junior yang udah bisa.” Kata Nur Azmi di sela-sela latihan.

Salah satu potret latihan gabungan pertama kali

Oleh: AB
16 Februari 2019

Kata Kunci: Hadroh Jogja Kolaborasi Vocalis Fresh Cewek Dusun Karanggeneng Sendangadi Mlati Sleman Jogja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *