Kegiatan Ahad Pagi di Pondok Pesantren Miftahussalam Jogja

Celoteh Santri

Kegiatan Ahad Pagi di Pondok Pesantren Miftahussalam Jogja – Pondok pesantren miftahussalam merupakan pondok pesantren jogja yang gratis untuk para mahasiswa dan mahasiswi. Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah kegiatan ahad pagi yang diakukan sejak sebelum subuh.

Sekitar pukul 03.00 wib para santri bangun menuju masjid untuk melaksanakan Sholat Qiyamul Lail, kemudian berdzikir dan berdoa setelahnya hingga waktu sholat subuh tiba. Waktu – waktu seperti ini dimanfaatkan para santri untuk berdoa sebanyak – banyaknya atas keinginan yang mereka inginkan dan tak lupa juga untuk beristighfar memohon ampun atas segala dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja yang pernah dilakukan.

Setelah masuk waktu sholat subuh, para santri kemudian sholat Subuh secara berjamaah. Setelahnya akan ada taklim dari Pak Kyai hingga matahari terbit (mulai meninggi hingga satu tombak). Hal ini merupakan pertanda alam bahwa waktu isyraq / awal waktu dhuha telah tiba. Diwaktu ini para santri kemudian melaksanakan sholat Isyraq. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sarapan pagi bersama sebelum melaksanakan ro’an. Pada moment ini tak jarang ada santri yang bertanya dan berdiskusi seputar kehidupan, tentunya dengan tetap dalam bimbingan Pak Kyai. Agar semua santri dapat menjalani kehidupan ber-Islam yang rahmatallilalamin.
Gambar di atas merupakan suasana Ahad pagi pada saat sarapan pagi bersama di panggung Pondok Pesantren Miftahussalam Jogja, terasa bukan suasana kehangatan dan kekeluargaan antar para santri dan bahkan dengan Sang Guru, Pak Kyai.

Setelah selesai, kegiatan berikutnya adalah ro’an bersama seperti membersihkan halaman atau kegiatan lain yang melatih kemampuan kita dalam kehidupan bermasyarakat nantinya, bahkan skill baru bisa kita dapatkan di ro’an ini seperti bagaimana cara membenarkan instalasi listrik, membuat jalur pipa air dan masih banyak lagi. Pokoknya seru poolll ..

Bagi teman – teman mahasiswa yang tertarik untuk belajar di pondok pesantren jogja yang GRATIS untuk mahasiswa dan mahasiswi ini silakan bisa langsung daftarkan diri kalian.

Hubungi 089617924711 untuk informasi lebih lanjut terkait kuota pendaftaran.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ikuti kami