Sambut Mei (2018) dengan Semangat

Lakukan kebaikan mulai dari pagi hari, dan saat ini! Semangat berapi-api ala santri, ngisi dino prei.

Selasa pagi (01/05/2018), santri Miftahussalam Jogja melakukan kebersihan di lingkungan pondok. Selain sebagai peringatan pertengahan bulan Sya’ban, kebersihan pagi ini juga sebagai pengisi waktu luang saat hari libur.
Adanya acara kebersihan ini, bukan hanya bermanfaat bagi santri sendiri, namun juga diharapkan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat yang bertamu ke lingkungan pondok. Selain itu, lingkungan pondok juga terlihat lebih rapi dan bersih, sehingga enak dipandang mata. Untuk dapat diketahui, bahwa kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin mingguan yang waktu pelaksanaannya tidak pasti. Kegiatan kebersihan ini berbeda dengan kegiatan kebersihan sore, karena kegiatan kebersihan sore dilakukan rutin setiap hari.
Pembersihan rumput di depan asrama mahasiswa

Sejak pagi hari di waktu subuh, seperti biasa santri melaksanakan sholat Subuh berjamaah dilanjutkan Zikir. Setelah Zikir selesai, kegiatan ngaji qur’an dialihkan menjadi ngaji kehidupan yaitu bersih-bersih. Kali ini bagian ndalem pondok yang dibersihkan dan dirapikan.

Beberapa hari sebelumnya, dilakukan juga pembersihan di muka pondok, yaitu bagian depan di pinggir jalan. Meskipun kegiatan semacam ini bisa dilakukan 1-3 kali dalam seminggu, namun target utamanya adalah 1x dalam seminggu.
Merapikan rumput di depan pondok (pinggir jalan)

“Kerja bakti kaya gini juga sudah termasuk ngaji, yah. Ngaji kehidupan” Kata Beliau Bapak KH. Achmad Fadli Fauzi selaku pengasuh pondok pesantren Miftahussalam Jogja saat melakukan kebersihan bersama santrinya.

Pembersihan rumput di parkiran

Seperti biasa, kegiatan selesai maksimal pukul 07:30 WIB dilanjutkan dengan sarapan bersama. Jam delapan pagi santri sudah bisa melakukan kegiatan pribadi masing-masing.

IMAMY 01052018
NUR AZMI AB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *