Syiiran Abu Nawas, Sholawat dan Sayyidul Istighfar

Uncategorized

 Syiiran Abu Nawas, Sholawat dan Sayyidul Istighfar- Assalamualaikum wr. wb. Alhamdulillah akhirnya setelah lama tidak mengupdate blog ini akhirnya penulis bisa kembali menulis sedikit banyak yang semoga dapat memberi manfaat bagi para pembaca sekalian. Dan tak lupa penulis sampaikan juga bagi teman-teman yang sekarang berstatus sebagai mahasiswa dan ingin sekaligus menjadi seorang santri dapat ikut mondok di pondok pesantren gratis khusus mahasiswa di Pondok Pesantren Miftahussalam Jogja, untuk lebih lengkapnya silakan kunjungi website resminya di miftahussalamjogja.ponpes.id

Nah pada artikel kali ini penulis akan berbagi sedikit mengenai syiiran yang biasa di lantunkan menjelang sholat di Ponpes Miftahussalam diantaranya seperti Syiir abu nawas, sholawat, Sayyidul Istighfar dan masih banyak lagi tetapi kali ini ketiga ini yang akan penulis bagikan terlebih dahulu, semoga bermanfaat Allahuma Aamiin.
Syiiran sendiri menurut yang penulis baca dari situs nu.or.id merupakan suatu tradisi sastra yang bisa dikatakan sederhana yang didalamnya berupa tuturan lisan atau tembang nyanyian yang memiliki isi dawuh ajaran. Syiiran ini tersebar di dalam masyarakat dalam bentuk lantunan-lantunan pujian di mushola maupun masjid. Untuk waktunya biasanya dilantunkan sesudah adzan untuk menunggu berkumpulnya jamaah sholat atau datangnya imam.
Di ponpes Miftahussalam sendiri syiiran yang dilantunkan berisi doa, karena jika kita melihat ada hadist yang menyebutkan bahwa doa diantara adzan dan iqomah merupakan adzan yang makbul atau mustajab. 
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Baca Selengkapnya : https://rumaysho.com/1687-doa-antara-adzan-iqamah.html
إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا 
“Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah (kala itu).” (HR. Ahmad 3/155. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)
Dan berikut ini adalah beberapa syiiran yang ada di Ponpes Miftahussalam Jogja, Pondok Pesantren Gratis  Jogja khusus Mahasiswa.

 Referensi : 
https://rumaysho.com/1687-doa-antara-adzan-iqamah.html
http://www.nu.or.id/post/read/69354/mengenal-tradisi-syiiran

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ikuti kami