Pilah Sampah? AYO!

Celoteh Santri, Kegiatan

Sampah menjadi salah satu masalah yang ada di lingkungan masyarakat. Di manapun berada, kita tidak bisa jauh dari yang namanya sampah. Yah, karena sampah menjadi “sahabat” manusia sehari-hari. Setiap hari berbagai macam sampah diproduksi oleh berbagai kalangan di masyarakat.
Baik sampah organik maupun non organik menjadi lumrah dibiarkan begitu saja. Kesadaran masyarakat dalam memilah sampah belum tercapai secara menyeluruh. Hanya beberapa kelompok masyarakat yang berinisiatif untuk mengolah sampah menjadi barang yang indah.
Tak muluk-muluk harus membuat barang indah dari sampah, hanya perlu memilah sampah untuk menghasilkan lingkungan yang lebih ramah.
Diringi dengan kesadaran masing-masing santri tentang pentingnya memilah sampah, hanya dengan satu ajakan “Ayo! Katanya mau milihin sampah”, beberapa santri yang masih ada di pondok saat musim libur semester seperti sekarang ini, langsung bergegas menuju tempat penimbunan sampah anorganik Ponpes Miftahussalam, Karanggeneng, Sleman Yogyakarta (Miftahussalam Jogja). Tempat yang tidak lebar untuk ukuran penimbunan sampah tidak mengurangi semangat santri Ponpes Miftahussalam dalam memilha sampah.
Pemilahan sampah dilakukan menjelang waktu kebersihan pondok yang rutin dilakukan setiap ba’da Ashar. Hal ini agar setelah selesai pemilahan sampah selesai, santri langsung membersihkan lingkungan pondok seperti yang biasa dilakukan setiap sore.
Pemilahan sampah kardus, logam serta sampah plastik seperti botol dan gelas air mineral menjadi kebiasaan santri Ponpes Miftahussalam, Karanggeneng beberapa minggu sekali. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus membangun kesadaran untuk memilah sampah. Selain itu, sampah yang sudah dipilah bisa lebih meghasilkan (uang) dibandingkan sampah yang asal buang.
Selanjutnya, mari kita mengajak masyarakat, bersama kita saling mengingatkan untuk memilah sampah demi lingkungan kita dan lingkungan sekitar kita.
Pemilahan sampah oleh santri pada 12 Juni 2016
Oleh Admin : AB
dijadwalkan sejak 12 Juni 2016, waktu yang sama

Tags :

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ikuti kami