Penampilan Hadrah Santri #DzikirMunajahMalamRabu

Uncategorized

 Penampilan Hadrah Santri #DzikirMunajahMalamRabu – Assalamualaikum wr. wb. Alhamdulillah kembali santri dapat memberikan gambar gembira dan update terkini seputar kondisi dalam pondok pesantren miftahussalam jogja, pondok gratis khusus mahasiswa yang terletak di karanggeneng, sendangadi, mlati, sleman, yogyakarta. Bagi teman-teman yang tertarik untuk menimba ilmu dipondok pesantren miftahussalam jogja silakan bisa langsung datang untuk bertanya-tanya lebih lengkapnya terkait gambaran program pembelajaran seperti apa saja yang ada di pondok pesantren miftahussalam jogja ini, namun untuk gambaran salah satu program teman-teman bisa membacanya pada artikel dengan judul Kitab Inayah Surat Al-Baqarah [2:220-221] #NgajiBa’daMaghrib

Nah pada kesempatan kali ini santri ingin mengabarkan bahwa pada malam rabu tanggal 18 Desember ada penampilan hadrah dari santri miftahusslam sebelum acara dzikir dan munajah dimulai. Penampilan hadrah ini rutin sebagai tanda bahwa malam rabu berikutnya adalah malam rabu kliwon. 

Acara dzikir dan munajah sendiri merupakan acara rutin yang ada di pondok pesantren miftahussalam. Acara ini diikuti tidak hanya oleh para santri saja, akan tetapi diikuti juga oleh masyarakat yang ada disekitarnya bahkan oleh masyarakat yang ada diluar jogja juga. Dzikir dan munajah sendiri biasanya diawali dengan membaca surat yasin secara bersama-sama terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan membaca istighfar bersama-sama lalu ditutup dengan berdoa bersama sesuai hajat dan keinginan masing-masing, untuk beberapa malam rabu seperti sebelum kliwon sama seperti malam rabu kali ini diawali bukan dengan membaca surat yasin tetapi dibuka dengan penampilan hadrah dari santri, sedangkan untuk malam rabu kliwonnya akan ada pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Kyai dengan sebelumnya para jamaah yang datang memberikan list daftar ahli kubur keluarganya agar didoakan bersama pada saat tahlil. diakhir setelah doa akan ada pembagian snack dari sodaqoh para jamaah yang sebelumnya dikoordinasikan dan siapkan oleh para santri. 

Dalam acara ini sebagian santri membentuk panitia kecil untuk mempersiapkan acaranya, dari mulai koordinator snack, petugas kebersihan yang mempersiapkan mushola dan gelas tempat minum yang dibagikan dengan snack, kemudian ada juga MC, pembaca yasin, penjaga keamanan dan parkiran pondok pada saat acara berlangsung, serta ada juga salah satu santri yang bertugas menjemput Kyai dirumahnya, untuk lebih lengkapnya silakan teman-teman yang tertarik menuntut ilmu dipondok bisa datang langsung, petanya ada dibawah ini.

Tags :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Ikuti kami